You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan TAYUBAN
Kalurahan TAYUBAN

Kap. PANJATAN, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA KE - 75 TAHUN 2023 , 19 Desember 2023 KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN TAYUBAN, KAPANEWON PANJATAN, KABUPATEN KULON PROGO, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PEMBUATAN LILIN AROMA TERAPI DENGAN VCO OLEH ANGGOTA PKK KALURAHAN TAYUBAN

Administrator 16 Juli 2024 Dibaca 46 Kali
PEMBUATAN LILIN AROMA TERAPI DENGAN VCO OLEH ANGGOTA PKK KALURAHAN TAYUBAN

 

Anggota PKK Kalurahan Tayuban bersama tim COCOBAROMA PKM — PM UNY 2024 membuat produk Lilin Aroma Terapi yang merupakan Inovasi solusi yang ditawarkan untuk pengolahan buah kelapa adalah dengan pembuatan lilin aromaterapi sebagai olahan baru. Kegiatan ini dilakukan untuk melatih keterampilan anggota PKK dalam pengelolaan buah kelapa menjadi lilin aromaterapi.

Pembuatan lilin aromaterapi dimulai dengan pembuatan minyak kelapa (VCO) terlebih dahulu menggunakan kelapa tua agar santan yang dihasilkan lebih banyak. Setelah dilakukan pembuatan VCO, dilanjutkan dengan pembuatan lilin menggunakan palm wax yang dipanaskan dan dicampur dengan VCO dan essensial oil.

 

Lilin aromaterapi yang terbuat dari kelapa tidak hanya bisa menjadi sumber cahaya saat listrik mati, tetapi aromanya juga dapat mengurangi stres dan menenangkan pikiran, serta berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Untuk membuat lilin aromaterapi, alat yang diperlukan meliputi kompor, saringan, kain, baskom, centong sayur, botol, wajan, panci, dan cetakan lilin. Bahan-bahannya termasuk air, palm wax, kelapa tua, dan bunga kering sebagai pilihan tambahan.

Langkah Pembuatan: Pada awal pembuatan lilin aromaterapi, diawali dengan pembuatan VCO terlebih dahulu, berikut adalah alat dan bahan pembuatan VCO.

 

WhatsApp Image 2024-08-01 at 14-57-14

alat dan bahan pembuatan VCO

alat dan bahan pembuatan lilin aromaterapi

 

 

Tutorial pembuatan:

  1. Campurkan kelapa yang telah diparut dengan air hingga merata lalu peras hingga diperoleh santan.
  • Aduk santan yang telah diperas tadi selama 10 menit, lalu tutup toples yang berisikan santan tadi secara rapat.
  • Letakkan toples berisikan santan di bawah sinar matahari hingga air dan santan memisah.
  • Pisahkan air dan santan dengan menggunakan selang, lalu Aduk santan murni yang telah dipisahkan selama 5 menit.
  1. Diamkan santan murni selama 24 jam pada suhu ruang, lalu setelah 24 jam, Pisahkan minyak dan blondo menggunakan saringan.
  • Saring kembali minyak yang dihasilkan menggunakan kain saring.
  1. Minyak VCO siap digunakan.

Berikut adalah link vidio tutorial pembuatan lilin. Untuk melihat vidio tersebut, silahkan klik link dan akan langsung menuju ke halaman YouTube

Tujuan: Meningkatkan Produktivitas Ekonomi: Membantu meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan kelapa. Menambah Pengetahuan: Menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat dalam memahami, melakukan, dan melanjutkan program-program pengolahan kelapa.

kunjungi website resmi kami: https://cocobaroma.site

 

 
 
 
 
 
 
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image