You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan TAYUBAN
Kalurahan TAYUBAN

Kap. PANJATAN, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA KE - 75 TAHUN 2023 , 19 Desember 2023 KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN TAYUBAN, KAPANEWON PANJATAN, KABUPATEN KULON PROGO, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENGOLAHAN SERABUT KELAPA MENJADI COCOPEAT UNTUK MEDIA TANAM OLEH ANGGOTA PKK KALURAHAN TAYUBAN

Administrator 16 Juli 2024 Dibaca 30 Kali
PENGOLAHAN SERABUT KELAPA MENJADI COCOPEAT UNTUK MEDIA TANAM OLEH ANGGOTA PKK KALURAHAN TAYUBAN

Anggota PKK Kalurahan Tayuban, didampingi oleh tim COCOBAROMA PKM-PM UNY 2024, mengolah serabut kelapa menjadi cocopeat. Pengolahan ini menawarkan solusi untuk mengubah serabut kelapa yang semula tidak terpakai menjadi bermanfaat bagi tanaman. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota PKK dalam mengelola buah kelapa menjadi lilin aromaterapi.

Cocopeat adalah serbuk yang dibuat dari serabut kelapa. Dengan pH antara 5,0 hingga 6,8, cocopeat sangat baik untuk pertumbuhan berbagai jenis tanaman dan sering digunakan dalam metode hidroponik.

Serabut kelapa, yang merupakan bagian luar dari kelapa, bisa diolah menjadi produk bernilai tinggi. Pemanfaatan serabut kelapa ini ramah lingkungan dan mendukung program-program seperti kewirausahaan sosial, desain berkelanjutan, dan desain hijau. Dengan mengolah limbah serabut kelapa menjadi cocopeat, kita tidak hanya mengurangi limbah tetapi juga menciptakan produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan manfaat positif bagi masyarakat. manfaat cocopeat:

  • Meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tanaman.
  • Mengurangi hilangnya nutrisi dari tanah.
  • Menambah kapasitas tanah untuk menyimpan air.
  • Menetralkan pH tanah.
  • Meningkatkan biomassa dan kelimpahan mikroorganisme yang baik bagi tanaman.

Alat dan Bahan pembuatan:

Bahan dasar utama dari cocopeat adalah serabut kelapa. Serabut kelapa ini adalah bagian luar dari kelapa yang bisa diolah menjadi produk bernilai tinggi. Pemanfaatan serabut kelapa ramah lingkungan dan mendukung program seperti kewirausahaan sosial, desain berkelanjutan, dan desain hijau. Dengan mengolah serabut kelapa menjadi cocopeat, kita tidak hanya mengurangi limbah tetapi juga meningkatkan nilai ekonomi dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat.(Astriani et al., 2021). Oleh karena itu untuk membuat cocopeat membutuhkan bahan bahan sebagai berikut:

Berikut adalah langkah pembuatan cocopeat dari serabut kelapa :

  1. Parut serabut kelapa dengan menggunakan sisir besi
  2. Pisahkan antara serabut kelapa (cocofiber) dengan serbuk kelapa (cocopeat) dan pastikan tidak terdapat serabut kelapa yang tercampur
  3. Rendam serbuk kelapa (cocopeat) menggunakan air dan ganti air secara berkala selama 3 hari
  4. Larutkan sebanyak 30 gram gula pasir dan 30mL pupuk cair EM4 ke dalam 2 liter air lalu campurkan serbuk kelapa (cocopeat) yang telah kering ke dalam toples dan aduk merata
  5. Lakukan fermentasi serbuk kelapa (cocopeat) selama 2–6 minggu pada suhu ruang dan pastikan wadah tertutup
  6. Cocopeat siap digunakan.

Berikut adalah link video tutorial pembuatan cocopeat. Untuk melihat video tersebut, silahkan klik link ini dan akan langsung menuju ke halaman YouTube.

kunjungi website resmi kami: https://cocobaroma.site

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image