You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan TAYUBAN
Kalurahan TAYUBAN

Kap. PANJATAN, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA KE - 75 TAHUN 2023 , 19 Desember 2023 KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN TAYUBAN, KAPANEWON PANJATAN, KABUPATEN KULON PROGO, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Pendampingan Anggota PKK dalam pemanfaatan Limbah Kelapa Menjadi Produk Nilai Jual oleh Mahasiswa UN

Administrator 16 Juli 2024 Dibaca 35 Kali
Pendampingan Anggota PKK dalam pemanfaatan Limbah Kelapa Menjadi Produk Nilai Jual oleh Mahasiswa UN

Yogyakarta, Indonesia — Tim COCOBAROMA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah berhasil mengubah limbah kelapa menjadi produk bernilai jual melalui Program Kreativitas Mahasiswa-Pemberdayaan Masyarakat dengan judul “Pemberdayaan Anggota PKK Kalurahan Tayuban Melalui Diversifikasi Olahan Bahan dan Limbah Kelapa Berbasis Local-Resource sebagai Upaya Menuju Desa Prima”. Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif limbah kelapa dan sekaligus memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Limbah kelapa, seperti serabut, dan tempurung, seringkali diabaikan dan berakhir sebagai sampah. Namun, mahasiswa UNY melihat potensi besar dalam limbah ini dan memutuskan untuk mengambil tindakan.

WhatsApp Image 2024-07-19 at 13-09-34

 

Melalui kerja keras dan kreativitas, mahasiswa UNY melalui Program PKM PM berhasil membuat produk-produk yang menarik dan bernilai jual, yakni:

Pengolahan Tempurung Kelapa Menjadi Biochar: Biochar adalah serbuk hasil pembakaran tempurung kelapa menggunakan metode pyrolisis. Aplikasi biochar ke lahan pertanian (lahan kering dan basah) dapat meningkatkan kemampuan tanah menyirnpan air dan hara, memperbaiki kegemburan tanah, mengurangi penguapan air dari tanah dan menekan perkembangan penyakit tanaman tertentu serta menciptakan habitat yang baik untuk mikroorganisma simblotik.

 

Pengolahan Serabut Kelapa Menjadi Cocopeat: Cocopeat adalah serbuk dari serabut kelapa dengan pH antaran 5,0 hingga 6,8 sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tanaman apapun. Manfaat dari cocopeat adalah, cocopeat dapat meningkatkan serapan unsur hara, mengurangi pencucian hara, menambah daya tampung air, mengurangi cucian hara dan degradasi kesehatan tanah, meningkatkan KTK, meningkatkan biomassa dan kelimpahan mikro organisme, dan membantu menetralkan pH tanah. Media tanam menggunakan cocopeat biasanya digunakan dalam metode hidroponik.

Pengolahan Daging Kelapa: Lilin aromaterapi merupakan olahan dari daging buah kelapa. Lilin aromaterapi adalah salah satu inovasi produk buah kelapa untuk dijadikan sebuah produk baru selain dari jenis makanan yang biasa beredar dipasaran. Pembuatan lilin aromaterapi dimulai dengan pembuatan minyak kelapa (VCO) terlebih dahulu menggunakan kelapa tua agar santan yang dihasilkan lebih banyak. Setelah dilakukan pembuatan VCO, dilanjutkan dengan pembuatan lilin menggunakan palm wax yang dipanaskan dan dicampur dengan VCO dan essensial oil.

Selain itu, mereka juga memberikan pendampingan kepada masyarakat Kelurahan Tayuban tentang cara mengelola keuangan dan pendampingan digital marketing untuk memasarkan produk.

Dampak: Program ini memiliki banyak dampak positif:

  1. Lingkungan: Mengurangi jumlah limbah kelapa yang mencemari lingkungan.
  2. Ekonomi: Memberikan peluang usaha baru bagi masyarakat dan meningkatkan pendapatan.

Kesimpulan, Inisiatif mahasiswa UNY membuktikan bahwa limbah kelapa dapat diubah menjadi produk bernilai jual dengan kreativitas dan kerja sama. Program ini menjadi contoh bagaimana mahasiswa dapat berkontribusi dalam pengembangan masyarakat dan lingkungan melalui Program Kreativitas Mahasiswa-Pemberdayaan Masyarakat.

Kunjungi website resmi kami: https://cocobaroma.site/links

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image