You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan TAYUBAN
Kalurahan TAYUBAN

Kap. PANJATAN, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA KE - 75 TAHUN 2023 , 19 Desember 2023 KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN TAYUBAN, KAPANEWON PANJATAN, KABUPATEN KULON PROGO, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TARI SRI KAYUN SEBAGAI TARI PENYAMBUTAN TAMU KHAS KULON PROGO

Administrator 29 November 2023 Dibaca 199 Kali
TARI SRI KAYUN SEBAGAI TARI PENYAMBUTAN TAMU KHAS KULON PROGO

Berdasarkan Keputusan Bupati Kulon Progo nomor 322/C/2022 tari Sri Kayun ditetapkan sebagai tari penyambutan tamu khas Kabupaten Kulon Progo. Tari ini ditata iringan dan gerakannya oleh Widodo Pujo Bintoro sejak tanggal 28 Januari 2021. Tari Sri kayun diluncurkan (launching) oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo pada hari Minggu tanggal 21 Maret 2021 di Tegak Kepanasan, Puncak Suroloyo (Padukuhan Keceme, Kalurahan Gerbosari, Kabupaten Kulon Progo).

Sri Kayun berasal dari dua kata, Sri dan Kayun. Sri artinya pantas, asri, cantik, putri yang ayu, terang, kecantikan dan kemakmuran. Kayun artinya laku atau laris. Sehingga Sri Kayun menggambarkan Kulon Progo yang asri, cantik, bagaikan putri ayu jelmaan Dewi Padi yang melambangkan kemakmuran serta menawan hati seiring dengan pembangunandi berbagai sektor yang berkembang dengan pesat dengan tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image