You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan TAYUBAN
Kalurahan TAYUBAN

Kap. PANJATAN, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA KE - 75 TAHUN 2023 , 19 Desember 2023 KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN TAYUBAN, KAPANEWON PANJATAN, KABUPATEN KULON PROGO, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

GLADI BERSIH SENDRATARI “KYAI UDAN GARING”

Administrator 04 Oktober 2019 Dibaca 892 Kali

TAYUBAN – Tim Sendratari “Kyai Udan Garing” Desa Tayuban melaksanakan kegiatan gladi bersih pada hari Kamis (3/10/2019) di Balai Desa Tayuban.

Sendratari “Kyai Udan Garing” adalah sendratari yang akan ditampilkan dalam Gelar Potensi Desa Budaya. Gelar Potensi Desa Budaya tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu (5/10/2019) di Kompleks Gua Kiskendo.

Sebagai salah satu desa yang teah ditetapkan sebagai Desa Budaya maka Desa Tayuban memiliki kewajiban untuk melaksanakan gelar potensi yang rutin diadakan setiap tahun. Gelar potensi pada tahun ini mengambil tema pada seni pertunjukan, berbeda dengan tahun sebelumnya bertemakan upacara adat. Sendratari “Kyai Udan Garing” sendiri adalah sendratari yang diciptakan oleh tim kreatif Desa Tayuban yang terdiri dari Kepala Desa, Pendamping Desa Budaya dan Pelaku Seni di Desa Tayuban. Sendatari ini mengisahkan tentang seorang tokoh agama Islam yang sangat berjasa dalam mengajarkan agama Islam di Desa Tayuban. Tokoh Kyai Udan Garing sendiri adalah seorang ulama yang memiliki karomah yang luar biasa hingga dapat menghentikan banjir ketika bertarung dengan Tonggeng Poleng (tokoh antagonis dalam cerita tersebut). Dalam sendratari ini juga terdapat sejarah cerita tentang Masjid Tiban atau yang sekarang bernama Masjid Al Muhajirin yang terletak di Pedukuhan VI Tayuban.

Tim Pelaku Sendratari ini terdiri dari seluruh lapisan warga Desa Tayuban mulai dari yang berusia anak-anak hingga dewasa dan juga seluruh Perangkat Desa Tayuban. “Gladi bersih yang dilaksanakan malam ini adalah persiapan terakhir sebelum besok melaksanakan pentas di Gua Kiskendo, maka dari itu diharapkan seluruh tim pelaku dan pendukung agar dapat berkonsentrasi dan melaksanakan gladi bersih ini dengan sungguh-sungguh agar dapat memperoleh hasil yang maksimal “ kata Sunarsih, Pendamping Budaya Desa Tayuban, Kamis (3/10/2019).

Jika anda ingin menyaksikan penampilan Sendratari “Kyai Udan Garing” Desa Tayuban, silahkan menghadiri acara Gelar Potensi Desa Budaya yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (5/10/2019) di Kompleks Gua Kiskendo.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image