GLADI BERSIH SENDRATARI “KYAI UDAN GARING”

Administrator 04 Oktober 2019 09:35:16 Berita Desa

TAYUBAN – Tim Sendratari “Kyai Udan Garing” Desa Tayuban melaksanakan kegiatan gladi bersih pada hari Kamis (3/10/2019) di Balai Desa Tayuban.

Sendratari “Kyai Udan Garing” adalah sendratari yang akan ditampilkan dalam Gelar Potensi Desa Budaya. Gelar Potensi Desa Budaya tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu (5/10/2019) di Kompleks Gua Kiskendo.

Sebagai salah satu desa yang teah ditetapkan sebagai Desa Budaya maka Desa Tayuban memiliki kewajiban untuk melaksanakan gelar potensi yang rutin diadakan setiap tahun. Gelar potensi pada tahun ini mengambil tema pada seni pertunjukan, berbeda dengan tahun sebelumnya bertemakan upacara adat. Sendratari “Kyai Udan Garing” sendiri adalah sendratari yang diciptakan oleh tim kreatif Desa Tayuban yang terdiri dari Kepala Desa, Pendamping Desa Budaya dan Pelaku Seni di Desa Tayuban. Sendatari ini mengisahkan tentang seorang tokoh agama Islam yang sangat berjasa dalam mengajarkan agama Islam di Desa Tayuban. Tokoh Kyai Udan Garing sendiri adalah seorang ulama yang memiliki karomah yang luar biasa hingga dapat menghentikan banjir ketika bertarung dengan Tonggeng Poleng (tokoh antagonis dalam cerita tersebut). Dalam sendratari ini juga terdapat sejarah cerita tentang Masjid Tiban atau yang sekarang bernama Masjid Al Muhajirin yang terletak di Pedukuhan VI Tayuban.

Tim Pelaku Sendratari ini terdiri dari seluruh lapisan warga Desa Tayuban mulai dari yang berusia anak-anak hingga dewasa dan juga seluruh Perangkat Desa Tayuban. “Gladi bersih yang dilaksanakan malam ini adalah persiapan terakhir sebelum besok melaksanakan pentas di Gua Kiskendo, maka dari itu diharapkan seluruh tim pelaku dan pendukung agar dapat berkonsentrasi dan melaksanakan gladi bersih ini dengan sungguh-sungguh agar dapat memperoleh hasil yang maksimal “ kata Sunarsih, Pendamping Budaya Desa Tayuban, Kamis (3/10/2019).

Jika anda ingin menyaksikan penampilan Sendratari “Kyai Udan Garing” Desa Tayuban, silahkan menghadiri acara Gelar Potensi Desa Budaya yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (5/10/2019) di Kompleks Gua Kiskendo.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

KEPALA DESA Sekretaris Desa KASI PEMERINTAHAN KASI PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN KASI KEMASYARAKATAN KAUR KEUANGAN DAN PERENCANAAN KAUR APARATUR UMUM DAN ASET

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung